SKS ( Sistem Kredit Semester)

SMA Negeri 1 WOnosobo ditunjuk sebagai Sekolah yang dapat melaksanakan system pendidikan dengan 4, 5 dan 6 Sistem Kredit Semester. Untuk proses pembelajaran, SMA Negeri 1 Wonosobo sudah mulai menggunakan Implementasi Kurikulum Merdeka.

CLASSIC

CLASSIC (Colaboration of Art Science, and Music) adalah kegiatan kesiswaan yang merupakan sarana belajar dan pembelajaran berbasis projek. Dalam kegiatan ini peserta didik belajar tentang manajemen, kewirausahaan, organisasi dan berbagai keterampilan lainnya yang mendukung terlaksananya kelgiatan CLASSIC. Selain melakukan pembelajaran, peserta didik juga dapat mengaktualisasikan diri melalui kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan seni musikm seni rupa, seni tari, seni teater dan multimedia.

LITERASI

SMA Negeri 1 Wonosobo memberlakukan jam khusus untuk kegiatan literasi. Setiap peserta didik diwajibkan membaca buku dai 15 menit sebelum jam pertama proses pembelajaran dimulai. Selain itu, di setiap kelas di SMA Negeri 1 Wonosobo juga terdapat Pojok Buku, sebuah perpustakaan mini hasil kreatifitas peserta didik.

Pembinaan Pretasi Unggul

Pembinaan secara intensif kepada peserta didik yang mengikuti kegiatan prestasi seperti OSN, FLS2N, O2SN, FIKSI, AFS, SISLAC, Debat Bahasa Inggris, Kejurnas Rafting, Kejurnas Airsoft Gun, Pramuka, PMR, Festival Film, SEP, dan masih banyak lagi yang sejauh ini mampu membawa nama dan memberikan prestasi bagi SMA Negeri 1 Wonosobo baik di tingkat local, provinsi, nasional, bahkan Internasional.

Pendidikan Karakter

SMA Negeri 1 Wonosobo melaksanakan pendidikan karakter bagi peserta didik melalui berbagai kegiatan dan budaya sekolah.salah satunya adalah melalui kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) yang dilaksanakan setiap awal tahun pelajaran baru. SMA Negeri 1 Wonosobo juga melakukan pembiasaan budaya senyum, salam, sapa, beribadah berjamaah, pemakaian busana batik setiap akhit bulan, hari Bahasa Jawa, dan beberapa kegiatan lain dalam pembenyukan karakter peserta didik.